Cedera otot leher, Minions mundur dari turnamen di Guangzhou

Jakarta (ANTARA News) – Atlet bulu tangkis ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, atau akrab disapa Minions, mundur dari kejuaraan World Tour Finals 2018 di Guangzhou akibat cedera otot leher yang dialami Marcus.

“Otot leher Marcus ketarik pada pertandingan kemarin. Kami khawatir kondisinya semakin parah sehingga kami memutuskan agar mereka mundur,” kata pelatih ganda putra pemusatan latihan nasional Aryono Miranat seperti tercantum dalam situs resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang diterima Antara di Jakarta, Jumat.

Minions semestinya akan menghadapi pasangan Han Chengkai/Zhou Haodong pada laga ketiga grup A World Tour Finals 2018 nomor ganda putra di Guangzhou, Jumat.

Marcus, lanjut Aryono, sudah menjalani terapi agar ototnya kembali sehat dan bisa melanjutkan pertandingan dalam kejuaraan berhadiah total 1,5 juta dolar AS itu.

“Tapi, hasil terapi memang tidak bisa langsung 100 persen. Apakah cederanya parah atau tidak, kami belum dapat mengetahuinya. Marcus butuh istirahat sekarang,” kata Aryono.

Baca juga: Minions akui persiapan World Tour Final belum maksimal

Dalam pertandingan kedua grup A ganda putra World Tour Finals, Kamis, Kevin/Marcus kalah dari pasangan China Li Junhui/Liu Yuchen dalam dua gim 18-21, 22-24.

Marcus mengakui rasa sakit pada otot lehernya sudah terasa sejak pertandingan pertama menghadapi pasangan Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

“Marcus masih merasakan sakit pada lehernya dan rasa nyeri itu sampai ke mata. Dia sudah melaporkan ke juri dan diminta untuk menjelaskan kronologis cedera itu berdasarkan laporan dokter pertandingan,” kata Aryono.

Aryono menambahkan Kevin sebagai pasangan Marcus sebenarnya masih ingin bertanding pada laga ketiga melawan Han/Zhou. “Tapi, mereka sepakat untuk mendur saja. Keputusan itu yang terbaik bagi mereka karena mereka akan bertanding lagi pada awal tahun depan,” kata Aryono.

Kevin/Marcus gagal lolos ke putaran semifinal kejuaraan World Tour Finals 2018 setelah memutuskan mundur akibat cedera otot leher Marcus.

Indonesia juga kehilangan peluang dari wakil lain ganda putra yaitu Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan untuk lolos babak penyisihan grup B.

Hendra/Ahsan kalah dari pasangan Taiwan Chen Hung Ling/Wang Chi-Lin pada laga ketiga grup B dengan skor 21-13, 18-21, 14-21 selama 50 menit permainan.

Baca juga: Minions raih penghargaan dunia kategori putra terbaik

Baca juga: Minions rebut gelar juara China Terbuka 2018
 

Pewarta:
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Author: admin